Tips Mengembangkan Usaha Budidaya Ikan Hias Air Tawar


Usaha budidaya ikan hias khususnya ikan hias air tawar sangat mudah dilakukan serta tidak membutuhkan modal yang terlalu besar. Nilai keuntungannya dapat berlipat-lipat, karena ada jenis ikan hias yang harganya mencapai puluhan juta rupiah.
Sebelumnya menindaklanjuti peluang usaha ini, ada beberapa hal yang harus diketahui, didalam menjalankan usaha budidaya ikan hias air tawar harus mengetahui teknik spesifik dan jenis-jenis ikan hias. Karena setiap ikan mempunyai karakter yang tidak sama dan metode pemeliharaan yang berbeda.

Tips Usaha Budidaya Ikan Hias

1. Tempat memilihara ikan
Hal pertama yang perlu dipikirkan ketika membuka usaha budidaya ikan hias adalah tempat untuk memelihara ikan tersebut. Tempat terbaiknya berbentuk akuarium. Jadi berbeda dengan budidaya ikan ternak yang bisa dikembangkan di kolam.
Ada beberapa jenis ikan yang suka bertarung dengan ikan lainnya. Karena itu, saat membuka usaha budidaya ikan hias yang karakternya agresif harus dipisah. Jadi akuariumnya harus ada sekat atau pemisah.
2. Pemilihan jenis ikan
Bagi pemula, sebaiknya buka usaha budidaya ikan hias yang terdiri beberapa jenis sekaligus namun yang mudah teknik pemeliharaannya. Selain itu harus pula dipilih jenis ikan hias yang lebih cepat laku dipasaran. Misalnya cupang, oscar, palmas dan sebagainya.
3. Metode penjodohan
Menjodohkan adalah teknik berikutnya yang harus dikuasai oleh pelaku usaha budidaya ikan hias air tawar. Pilih induk yang sudah matang usia dan ikan jantan yang telah memproduksi sperma. Satukan kedua ikan tersebut selama 1 hingga 2 hari dan sesuai jenisnya.
Teknik menjodohkan ikan ini tidak boleh disepelekan jika memang ingin serius menjalankan usaha budidaya ikan hias. Karena setiap jenis ikan memiliki periode musim kawin yang tidak sama.
4. Teknik pembesaran
Ilmu usaha budidaya ikan hias air tawar berikutnya yang perlu dipelajari adalah teknik yang berhubungan dengan sistem pembesaran ikan. Prosesnya diawali dari penetasan telur hingga berubah jadi larva kemudian tumbuh menjadi ikan kecil.
Setiap proses dalam usaha budidaya ikan hias tersebut butuh teknik penangangan yang tidak sama. Terutama yang berhubungan dengan cara memberi makan pada ikan tersebut.
Pekerjaan terakhir yang tidak boleh dilupakan terkait dengan pengembangan peluang usaha budidaya ikan hias adalah kebersihan. Misalnya pergantian air, pembersihan akurium dan sebagainya.
Itulah beberapa masalah terpenting yang perlu dipelajari saat akan membuka usaha budidaya ikan hias air tawar. Semoga bermanfaat dan selamat berkarya.

Related

Peluang Usaha 321631477633931049

Post a Comment

item